Sabtu, 22 Oktober 2016

Struktur Dasar HTML


Setelah sebelumnya kita telah mambahas Pengertian HTML, Kali ini kita akan membahas tentang struktur HTML. Struktur HTML terdiri dari kepala (head) dan tubuh (body), dimana pada bagian head kita dapat menuliskan judul dan pada bagian body kita bisa mengisinya dengan konten konten web seperti teks, gambar, form dan lain lain. berikut adalah kode dari struktur dasar HTML.

<html>
<head>
<title>Judul</title>
</head>
<body>
Ini merupakan bagian body yang bisa diisi dengan konten konten web
</body>
</html>

Seperti Bahasa pemrogramman lainnya, HTML juga mempunyai tag pembuka dan tag penutup dimana tag penutup ditandai dengan symbol “/” seperti terlihat pada kode di atas.

Lalu bagaimana cara menuliskan kode diatas agar dapat tampil di browser seperti Google Chrome atau Mozilla?

Untuk melihat tampilan kode diatas pada browser kita bisa menggunakan aplikasi koding seperti Notepad, Notepad ++, atau Sublime Text. Untuk sekedar mencoba, kita bisa menggunakan Notepad. Baik, langsung saja kita menuju langkah langkahnya.


1. Buka aplikasi Notepad yang ada pada komputer anda.
2. Tuliskan Kode HTML di atas pada notepad seperti terlihat pada gambar dibawah.
3. Setelah itu simpan dengan cara klik file dan pilih save, tentukan lokasi file yang anda inginkan, misal kali ini kita akan menyimpannya di desktop. kemudian pada bagian file name beri nama file tersebut yang diakhiri dengan .html, lalu klik save. untuk lebih jelas lihat gambar dibawah.

4. buka file tersebut, maka akan terlihat tampilan seperti dibawah ini.






















Sekian artikel kali ini, apabila ada yang kurang jelas, silahkan bertanya di komentar, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

0 komentar:

Posting Komentar